Assalamu Alaikum Wr.Wb
Berikut tips komunikasi efektif Dengan Atasan dan Rekan Kerja :
Komuniaksi dengan ATASAN
- Hindari cara mengutarakan sesuatu seolah-olah kedudukan ANDA setingkat
- Ingatlah bahwa keakraban ada batasnya saat berada di lingkungan kerja
- Hindari pembicaraan yang terlalu pribadi
- Biarkan atasan mengendalikan pembicaraan, ANDA harus bisa mengantisipasinya
- Sesuaikan selera humor
- Hindari cerita yang dapat menghina atasan
Komunikasi dengan REKAN KERJA
- Beri pujian pada rekan kerja atas apa yang telah mereka lakukan
- Akui keberadaannya dan hargai kerja kerasnya
- Hormati rekan ANDA maka mereka akan menghormati ANDA
- Sampaikan permintaan tolong ANDA dengan sopan tanpa kesan memerintah
- Ganti setiap kalimat perintah dengan kalimat Tanya
- Bersikaplah fleksibel, cobalah berempati dengan perasaan dan keadaan rekan kerja
- Sampaikan kritik ANDA dengan baik
- Berbesar hatilah untuk mengakui kesalahan yang ANDA buat
Ingat : Anda yang membuat KEBIASAAN dan KEBIASAAN itulah yang membentuk SIAPA Anda